Berikut ini ciri-ciri seseorang dengan konsep diri negatif( berpandangan negatif terhadap dirinya), cermati siapa tahu diantara sifat itu adalah kita :

1. Peka terhadap kritik.
Orang ini sangat tidak tahan menerima kritik,mudah marah,bila orang ini dikoreksi seringkali dipersepsi sebagai usaha menjatuhkan harga dirinya, cenderung menghindari dialog yang sifatnya terbuka.

2. Responsif terhadap pujian.
Walaupun pura-pura menhindari pujian ia tidak dapat menyembunyikan antusiasmenya pada waktu menerima pujian. Mereka hidup dari pujian orang lain agar termotivasi.

3. Bersikap hiperkritis terhadap orang lain.
Dia selalu mengeluh, mencela atau meremehkan apapun dan siapapun. Mereka tidak mampu mengungkap penghargaan atau kelebihan kepada orang lain.

4. Cenderung merasa tidak disenangi orang lain.
Ia merasa tidak diperhatikan, karena itu ia bereaksi pada orang lain sebagai musuh,sehingga tidak dapat melahirkan kehangatan dan keakraban persahabatan. Ia tidak akan pernah mengalahkan dirinya,tetapi menganggap dirinya sebagai korban sosial.

5. Bersikap pesimis terhadap kompetisi.
Ia merasa enggan bersaing dengan orang lain dalam membuat prestasi. Ia merasa tidak berdaya melawan persaingan.

Konsep diri yang negatif ini akan berpengaruh buruk dalam diri kita karena kita cenderung memusatkan perhatian pada hal-hal negatif dalam dirikita. Akan mudah membuat perbandingan dengan orang lain dan meneguhkan perasaan diri tidak berharga yang semua itu akan membawa kita kepada kegagalan.