Bunglon adalah salah satu reptil yang paling terkenal terutama di daerah penduduk asli benua Afrika dan Madagaskar, ditemukan di beberapa tempat lainnya di Eropa dan Asia. Ada lebih dari 120 spesies yang termasuk dalam keluarga bunglon. Yang paling umum bunglon (Chamaeleo) ditemukan di wilayah Mediterania. Menariknya banyak yang tidak mengetahui bahwa terjemahan 'bunglon' adalah 'Bumi Lion / Little singa' (saya aja bingung reptil kaya gini kok dikasih istilah Singa Kecil?) Ada beberapa fakta lain mengenai bunglon yang saya temukan cukup menarik.


ada beberapa fakta yang menunjukkan bahwa reptil ini telah mengembangkan beberapa keterampilan yang paling khusus jika dibandingkan dengan hewan lainnya dan mereka dapatkan tanpa mengikuti kursus atau Balai Latihan Kerja (BLK), terutama di dunia reptil.


Kemampuan mengubah warna
Kemampuan  hewan ini adalah merubah warna kulitnya sesuai lingkungan atau tempat tinggalnya. Bertentangan dengan kepercayaan yang, bunglon tidak memiliki kemampuan bawaan untuk mengubah warna sesuai dengan keinginannya, faktor eksternal seperti suhu, bahaya dan emosi (dari bunglon) lebih mempengaruhi kemampuan ini. bunglon ini memiliki melanophores di dalamnya tubuh yang bertanggung jawab atas perubahan warna dan mereka sangat sensitif dengan perubahan suhu. Reaksi mereka terhadap suhu panas dan dingin menyebabkan perubahan warna kulit. Begitu juga dengan kondisi takut, naluri teritorial dan bahaya akan membuat mereka merubah warna kulit mereka. 




Belajar dari kemampuan beradaptasi atau berkamuflase seperti pasukan siluman militer adalah hal yang perlu karena kita hidup di dunia yang berwarna dengan pandangan,pendapat,aturan yang berbeda dimana saja kita tinggal dan bekerja. Kita perlu menyesuaikan diri sepenuhnya dengan budaya,aturan kerja di tempat mana kita berada.
Tapi bunglon tidak pernah berubah menjadi ular atau kadal, dia tetap bunglon, dia punya prinsip tapi mampu seutuhnya beradaptasi dengan lingkungan, demikian juga seharusnya kita yang ingin lebih sempurna dan priofessional. Hewan lain yang lebih hebat adalah Amoeba,binatang ber sel satu yang bisa beradaptasi dengan lingkungan dengan merubah bentuk.