Mengapa tidak di vietnam ? atau di laos ? atau di negara lain ?
Pasti kebanyakan orang berfikir ini kebetulan dan tidak ada hubungan dengan apapun. Tapi belakangan muncul dugaan-dugaan penyebabnya. Cermati beberapa dugaan ini, tentu anda boleh percaya boleh tidak karena ini hanya opini ! Lebih jelas nanti setelah black box dibuka dan dipelajari : 


1. Murni kesalahan Pilot pesawat.(Teknis )
Ini karena pilot tidak menguasai medan yang akan dilintasi dan kendala teknis dengan awan yang tidak bisa diduga. Medan ini sangat mungkin terjadi di Indonesia yang berbentuk negara kepulauan dan berbukit.


2. Sabotase. (intelegent).
Ini persoalan politis dan keamanan serta persaingan. Hal ini bisa dijelaskan oleh pihak keamanan, ahli intellegence, dan pakar politik international. Tarik menarik anatara banyak kepentingan baik disisi bisnis dan politik serta terorisme sangat mungkin terjadi di dunia seperti ini. Tapi ini baru dugaan.


3. Kesombongan. (spiritual ).
Pesawat ini diakui paling berteknologi tinggi sama seperti tenggelamnya tetanic di zamannya. Apakah karena kesombongan manusia sehingga ditunjukkan oleh tuhan bahwa dia lebih berkuasa ? agar manusia tidak menyembah teknologi ? Dalam ajaran Islam disebutkan bahwa orang yang sombong itu akan dilempar Allah,swt. dari kolong-kolong langit dan akan dihancurkan, contohnya fir'aun/ Ramses 3, sikap ujub/bangga dengan diri sendiri  termasuk penyakit hati.


Masyarakat Indonesia mempercayai bahwa tidak ada yang kebetulan di dunia ini.
Semua agama meyakini bahwa ini pelajaran dari tuhan untuk diri kita, bukan untuk orang lain. 
Sebaiknya kita kembali koreksi diri bukan mengoreksi dan menyalahkan orang lain. 
Semua yang gugur dan keluarganya telah menjadi pahlawan !