Kita sering mendengar kata integritas dalam komunikasi sehari-hari. Dia tidak punya integritas sehingga merugikan perusahaan. Dia bukan pribadi yang mempunyai intrgritas yang tinggi. Jadi apa pengertian integritas ?
1. Kehormatan.
Integritas adalah kehormatan diri, seseorang yang mampu menjaga kehormatannya dengan tidak melakukan perbuatan yang membuatnya tidak terhormat dimata orang lain dan tuhan.
2. Harga diri.
Integritas juga bisa diartikan sebagai seseorang yang mampu mempertahankan harga dirinya dengan tidak melakukan kejahatan yang bisa menjatuhkan harga dirinya dihadapan manusia dan tuhan. Dia mampu menjaga itu dengan segala cara.
3. Kejujuran.
Integritas bisa bermakna seseorang yang bisa mempertahankan kejujuran ditengah-tengah ketidakjujuran lingkungan. Disaat orang lain kebarat dia mampu ketimur, artinya dia mampu mengarahkan dirinya tetap pada kebenaran. Orang-orang model seperti ini akan banyak tersingkir dari jabatan dan popularitas dunia tapi dia akan sangat terhormat dihadapan tuhan.

Semua perusahaan dan instansi mendambakan seseorang yang mempunyai integritas tinggi dalam dirinya sehingga bisa dipercaya dan terpercaya, sehingga kita tidak khawatir jika mempercayakan sesuatu kepada mereka. Dia akan menjaga amanah itu dengan sungguh-sungguh.

Pribadi seperti ini seperti permata berkilau yang mahal dan langka saat ini. Kita perlu memulai dari diri kita masing-masing ,bukan dengan teori dan ceramah.