Selingkuh itu sebuah penghianatan. Selingkuh itu menduakan cinta, mencintai yang lain selain yang telah disepakati untuk dicintai. Selingkuh itu mengingkari janji baik kepada manusia maupun kepada tuhan. Akibat selingkuh adalah masalah dan efek negatif bagi seseorang. Apa penyebab selingkuh ?
1. Punya masalah dengan pasangannya.
Tidak mungkin seseorang selingkuh tanpa ada masalah dengan yang dicintai atau yang dipatuhi. Nasalah bisa muncul dengan faktor penyebab beragam. Yang pasti orang ini tidak bisa menyelesaikan masalah yang muncul. Maka dia harus belajar dari orang lain bagaimana menyelesaikan masalah yang dihadapi. Konsultasi adalah jawabannya dengan orang yang lebih bijak.
2. Tidak punya cinta yang murni dan tulus.
Artinya tidak bisa menerima kelebihan dan kekurangan pasangannya. Terutama kekurangannya. Cinta tulus adalah yang bisa menerima apa adanya baik kelebihan dan kekurangannya. Lihatlah sisi kelebihan dan keunikannya sebuah penciptaan mahluk.

Banyak lagi penyebabnya tetapi yang diatas yang utama, saya tidak terbayang kalau selingkuh itu dilakukan kepada tuhan yang maha esa ? apa akibatnya ? masihkah DIA mau menerima ibadah dan pengorbanan kita ?