Banyak jenis kecerdasan yang telah diungkap para ahli pada diri manusia. 3 kecerdasan utama IQ,EQ dan SQ telah dipaparkan oleh para ahli. Berikut penemuan terakhir tentang kecerdasan manusia. Jika ingin mengetahui bakat seseorang atau diri sendiri maka cermati yang berikut :

1. Logical Mathematic
Kecerdasan ini berhubungan dengan kemampuan seseorang dalam berhitung dengan angka dan logika. Bisa berfikir dengan logis.
2. Linguistic
Kecerdasan ini berhubungan dengan kemampuan merangkai kata,kalimat dan berbicara serta mengingat kosa kata. Bisa berbicara dengan lancar.
3. Visual Spasial.
Kedersanan ini berhubungan dengan kemampuan membayangkan atau menggambarkan dalam pikiran tentang suatu objec.Mampu berimajinasi dan kreatif.
4. Interpersonal
Kecerdasan yang berhubungan dengan kemampuan menjalin hubungan dengan orang lain atau human skill. Mampu bergaul dan memahami orang lain dengan baik.
5. Intrapersonal

Kecerdasan yang berhubungan dengan kemampuan mengenal diri sendiri. Lebih cepat mengenal kelebihan dan kekurangan diri. Cocok menjadi konsellor,guru,rohaniawan.
6. Music.
Kecerdasan yang berhubungan dengan kemampuan memahami hal yang berhubungan dengan musik, mencipta lagu,mengarransement,memainkan alat musik, menghafal lagu.
7. Kinestetik.
Kecerdasan yang berhubungan dengan kemampuan olah tubuh, mnggerakkan bagian tubuh, seperti atlet,penari.
8. Natural.
Kecerdasan yang berhubungan dengan kesukaannya pada alam, seperti pencinta alam,petani,dokter hewan,lebih suka diluar ruang dari pada di kantor.
9. Question
Kecerdasan yang berhubungan dengan kemampuan mengolah dan mengajukan pertanyaan. Kecerdasan ini banyak dimiliki oleh seorang wartawan,jaksa,hakim,pengacara,dsb.

Kombinasi dari macam-macam kecerdasan ini diperlukan untuk mengetahui kemampuan seseorang. Seorang guru wajib tinggi di angka kecerdasan linguistik dan intrapersonal. Seorang programmer harus tinggi diangka kecerdasan logika dan Question. Seorang atlet sepak bola harus tinggi di kinestetik dan visual spasial.
Semua orang mempunyai kelebihan masing-masing, pasti ada diantara 9 kecerdasan diatas yang sangat menonjol dibanding yang lain, sementara seorang pemimpin biasanya dia menonjol di semua kecerdasan. Asah yang kuat agar berhasil dan bertambah tajam. Asah sisi tajamnya bukan sisi tumpulnya. Jadi tidak akan terjadi orang tua memaksakan anaknya memasuki jurusan tertentu dalam belajar.