Jika anda diberikan waktu 8 jam untuk memotong pohon maka pakailah 7 jam untuk mengasah alat pemotong setajam mungkin dan gunakan 1 ajam untuk memotong pohon tersebut, maka anda akan berhasil. Jika anda tidak melakukan itu maka anda akan gagal.
Jika rapor anak kita nilai matematika 55, fisika 60, kimia 50, bahasa inggris 90,bahasa Indonesia 80 dengan standar kelulusan 70 maka terdapat 3 mata pelajaran yang tidak lulus. Jika anda mempunyai dana 5 jt untuk membantu mengatasi anak tersebut supaya lulus maka lebih baik anda menggunakan sebagian besar dana tersebut untuk memasukkan ke tempat les atau kursus bahasa Inggris dan sisihkan sebagian kecil untuk meningkatkan mata pelajaran lain yang belum 70 sekedar menjadi 70. Artinya anda focus kepada sisi tajam anak anda, karena itu yang akan menjadikan mereka sukses.
Anda bisa bayangkan jika seekor sapi bercita-cita menjadi burung yang bisa terbang. Si sapi akan sia-sia meskipun ikut kursus terbang dan latihan dan latihan terbang seumur hidupnya.