Setelah lulus dari SMA/ SMP banyak yang bingung harus kemana ? memilih sekolah favorit ? ikuti tip berikut. Tip ini saya sarikan dari pengalaman pribadi saya dan pengalaman saya mengajar mahasiswa selama 9 tahun.





1. Temukan bakat anda.

Hal yang sangat penting adalah tugas orang tua menemukan bakat ini sejak kecil. Bakat berbeda dengan minat. Ciri bakat adalah jika dia mengerjakan suatu pekerjaan yang sama berulang-ulang tidak cepat bosan,capek dan menonjol dibanding orang lain . Sedangkan minat adalah fungsi informasi, terbentuk karena informasi dari orang lain, sehingga mudah berubah-ubah, kalau bakat tidak akan berubah.


2. Cari sekolah/jurusan yang sesuai dengan bakat.
Ini sebuah jaminan keberhasilan, jika seseorang bisa meneruskan pendidikan di jurusan atau sekolah sesuai dengan bakatnya. Dia pasti menyenangi bidangnya dan akan berprestasi maksimal dalam kehidupan. Banyak teman-teman mahasiswa atau siswa SMA yang sebenarnya bingung dan salah pilih tentang ini. Banyak orang tua memaksakan diri untuk memasukkan putranya ke sekolah tertentu atau jurusan tertentu karena melihat prospek kerja dan gengsi semata. Penyesalan akan terjadi dibelakang.

3.  Miliki ketrampilan tertentu.
Untuk bisa berhasil atau untuk menaklukkan dunia seseorang harus mempunyai ketrampilan tertentu yang dia sangat kuasai dan bisa dikembangkan. Ini jaminan untuk mendapat pekerjaan, uang, popularitas dan percaya diri. dengan mengandalkan satu skill saja yang berbasic ke bakat dia bisa mendapatkan keberhasilan. Untuk memilih ini pilihan ke lembaga profesi, pelatihan yang komprehensif perlu menjadi alternatif  pilihan.

4. Miliki keinginan yang kuat.
Visi adalah gambaran tentang apa yang diinginkan seseorang dalam hidupnya dan alasan mengapa itu perlu dicapai. Belajar menetapkan visi ke depan merupakan hal penting. Konsultasikan dengan orang lain dalam menetapkan hal ini. Visi ini akan mengarahkan seseorang untuk selalu fokus pada tujuan dan tetap punya ambisi dan terobsesi.

Selamat mencoba memikirkan kembali hal diatas untuk menentukan masa depan kita. Keberanian memutuskan sesuatu perlu dihargai apapun hasilnya. Hanya ada 2 kemungkinan akibat pilihan itu seperti 2 sisi mata uang.




by : ssw_pranoto@yahoo.com