Setelah anda lulus dari SMA/SMK/MA dituntut untuk mendapatkan kerja atau melanjutkan kuliah. Berikut beberapa pilihan yang bisa dilakukan :

 
1. Melanjutkan ke Perguruan tinggi baik negeri atau swasta. 
Disarankan anda mempertimbangkan dengan matang untuk yang satu ini. Yang paling tepat melanjutkan ke jenjang S1 adalah siswa yang mempunyai prestasi akademik semasa SLTA 5 besar dikelas, mempunyai biaya untuk minimal 4 tahun program. Jika tidak mempunyai kemampuan akademis yang baik hasilnya tidak akan bagus, karena diharapkan setelah jenjang ini diharapkan bisa ke jenjang S2,S3 dan seterusnya sehingga benar-benar maksimal.

Pilih jurusan sesuai dengan bakat atau hobi sebagai kriteria awal penemuan bakat. Jika tidak akan buang uang dan waktu. Mengapa demikian ? persaingan dan pengangguran banyak, lulusan S1 yang menganggur banyak karena tidak maksimal.
Pilih PT yang memang mempunyai reputasi yang baik. Berdasar rangking peringkat PT di Indonesia yang masih diperhitungkan di dunia adalah : UI, ITB,UGM,ITS,IPB.

2. Memburu ketrampilan.

Melanjutkan program di POLITEKNIK merupakan pilihan. Tapi politeknik yang ada hari ini kurang bisa dipertanggungjawabkan secara kwalitas, apalagi program yang berada di bawah Jurusan seperti D1,D2,D3.di fakultas banyak yang tidak fokus. Jika memilih program ini lebih baik tidak berfikir gelar tapi ketrampilan.
Dengan skill yang kita miliki akan lebih mudah mendapat kerja dan berkembang dan jika menginginkan gelar bisa melanjutkan ke jenjang S1 tapi kita telah punya pengalaman dan skill.
Pilihan lain adalah lembaga profesi siap kerja, semacam program pelatihan 1 tahun dan 2 tahun. Lembaga semacam ini lebih fokus detail memberikan pelatihan siap kerja dan pembinaan mental.(bukan kursus)
Tip untuk mendapatkan lembaga pelatihan yang benar-benar bisa dipercaya :
a. Lihat kurikulumnya/ mata kuliahnya selama 1 tahun antara 20 s/d 30 mata kuliah. Jika terlalu sedikit pelajarannya maka senjata yang bisa dipakai kerja sedikit.
b. Harus ada pembinaan mental dan spiritual yang intensif ( misal pengembangan diri dan pembinaan keagamaan secara kontinyu dan terus menerus selama 1 tahun ).Dunia kerja membutuhkan orang yang jujur,bisa dipercaya, dan indikator terbaik adalah spiritual dan kehormatan diri.
c. Mempunyai sistem kedisiplinan yang baik. Cari lembaga yang terkenal kedisiplinannya. Dunia kerja membutuhkan kedisiplinan dan speed yang tinggi dalam bekerja.

3. Memburu sekolah kedinasan.
Sangat dianjurkan betul-betul menyukai bidang sekolah kedinasan yang dituju. misalnya AKMIL,STAN,Sekolah pelayaran, sekolah pos, STPDN dsb. Keuntungan masuk disekolah ini bisa langsung direkrut menjadi pegawai negeri, tapi ingat formasi untuk masuk ke jajaran ini semakin sulit, untuk mendapatkan sekolah ini harus bertarung dengan jutaan peminat, setelah lulus harus siap ditempatkan dimana saja, dan jenjang karir biasanya agak sulit karena birokrasi.

Menurut beberapa ahli  ketrampilan yang didasari bakat akan lebih menjajikan kesuksesan baik materi maupun kepuasan. Ketrampilan bisa dikembangkan menjadi keahlian. Serahkan pada ahlinya kata pepatah. 

by : ssw_pranoto@yahoo.com